Kenangan

Loading...

Kenangan

Loading...

Selasa, 03 April 2012

PEMBELAJARAN MODIFIKASI OLAHRAGA

Pendidikan Jasmani merupakan salahsatu mapel di sekolah baik dasar maupun menengah atas. Dan ini pelajaran yang sangat ditunggu-tunggu, namun sayang pengertian olahraga di sini oleh siswa sekolah dasar khususnya dianggap sebagai pelajaran refresing saja. permainan yang selalu diharapkan seperti sepakbola atau kasti untuk siswa putri sekolah dasar. Dalam setiap pembelajaran olahraga, kalau belum melakukan permainan sepakbola dianggap belum melakukan olahraga. Beberapa materi yang disediakan seperti senam dan beberapa nomor atletik membuat mereka bosan, dan jenuh karena kurang menyenangkan atau kurang menarik. 
Maka perlu adanya modifikasi pembelajaran dalam materi-materi tertentu untuk menarik perhatian siswa agar tetap senang dalam mengikuti pembelajaran tersebut. Modifikasi bisa dalam bentuk permainan atau peralatan yang di gunakan. Permainan yang sesuai dengan materi dapat dijadikan acuan memperdalam tentang skil, melatih kekuatan, memberikan gambaran strategi untuk mempelajari materi olahraga yang sesungguhnya. Siswa dalam mengikuti pembelajaranpun akan merasa senang, tetap semangat dan terpancing untuk selalu ingin tahu.
Permainan memindah bola kecil misalnya, akan melatih kekuatan kaki dan kelincahan, bentuk permainan tersebut siswa tanpa  menyadari akan terlatih kekuatan kaki untuk melakukan lari cepat. Berbagai macam permainan untuk anak sekolah dasar dapat dijadikan awal pembentukan otot dan kekuatan dalam melakukan olahraga yang sesungguhnya.
Modifikasi olahraga juga dapat dalam bentuk fasilitas peralatan seperti bola plastik untuk modifikasi bola volli, papan pemukul untuk modifikasi pemukul kasti atau rounders, bola tenis atau kertas yang dibulatkan untuk modifikasi bola kasti yang keras.
Sementara ini dulu yang bisa saya tulis, lain kali bisa disambung....oke...?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar